Keutamaan Sholat Witir

Keutamaan Sholat Witir: Ayo Pahami Rahasia Ibadah yang Mengagumkan!

Keutamaan Sholat Witir – Sholat Witir adalah salah satu ibadah sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Dalam Islam, sholat ini sering dianggap sebagai pelengkap dari sholat tahajud. Banyak umat Muslim yang belum memahami betapa pentingnya melaksanakan sholat witir secara rutin. Melalui artikel ini, mari kita jelajahi bersama keutamaan sholat witir yang luar biasa ini, didukung oleh dalil dari Al-Quran dan Hadis.

Pengertian dan Waktu Pelaksanaannya

Sholat witir merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah sholat Isya hingga menjelang sholat Subuh. Sholat ini biasanya dikerjakan dalam jumlah rakaat ganjil, mulai dari satu, tiga, lima, hingga sebelas rakaat. Witir dalam bahasa Arab berarti ganjil, sehingga sholat ini disebut witir karena jumlah rakaatnya yang ganjil.

Dalil dari Al-Quran

Salah satu dalil yang mendasari pelaksanaan sholat witir adalah firman Allah dalam Surah Al-Muzzammil ayat 20:

“Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sholat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi yang berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Quran dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampun kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Muzzammil: 20)

Dalil dari Hadis

Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk melaksanakan sholat witir. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya Allah itu ganjil (witir) dan menyukai yang ganjil. Maka lakukanlah sholat witir, wahai ahli Al-Quran.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis ini menunjukkan betapa pentingnya sholat witir dalam pandangan Islam. Selain itu, sholat witir juga menjadi penutup dari rangkaian sholat malam.

Keutamaan Sholat Witir

  1. Sholat yang Dicintai Allah

Sholat witir merupakan salah satu sholat yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah telah menambahkan kalian dengan satu sholat yang lebih baik bagi kalian daripada unta merah (harta yang sangat berharga), yaitu sholat witir.”

(HR. Ahmad)

  1. Menjaga Keimanan dan Ketakwaan

Melaksanakan sholat witir secara rutin dapat membantu seseorang menjaga keimanan dan ketakwaannya. Sholat ini mengingatkan kita untuk selalu dekat dengan Allah dan memohon ampunan-Nya. Dengan melaksanakan sholat witir, kita juga diajarkan untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah.

  1. Menambah Kebaikan dan Pahala

Sholat witir adalah salah satu cara untuk menambah kebaikan dan pahala. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang takut tidak bisa bangun di akhir malam, maka hendaklah ia sholat witir di awal malam. Dan barangsiapa yang berharap dapat bangun di akhir malam, maka hendaklah ia sholat witir di akhir malam, karena sholat di akhir malam itu disaksikan (oleh malaikat) dan itu adalah lebih utama.” (HR. Muslim)

  1. Penyempurna Sholat Malam

Sholat witir juga dianggap sebagai penyempurna dari sholat malam. Sholat malam, seperti tahajud, adalah ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan menambahkan sholat witir sebagai penutupnya, kita dapat menyempurnakan ibadah malam kita dan mendapatkan pahala yang lebih besar.

  1. Mendapatkan Perlindungan dari Allah

Salah satu keutamaan sholat witir adalah mendapatkan perlindungan dari Allah. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang melaksanakan sholat witir, maka ia akan berada dalam perlindungan Allah.” (HR. Tirmidzi)

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Witir

Sholat witir bisa dilakukan dengan jumlah rakaat ganjil, dan terdapat beberapa tata cara pelaksanaannya yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah sholat witir tiga rakaat dengan dua rakaat pertama diakhiri dengan salam, kemudian dilanjutkan satu rakaat terakhir. Berikut adalah tata cara pelaksanaan sholat witir yang umum dilakukan:

  1. Niat Sholat Witir

Sebagaimana sholat lainnya, sholat witir dimulai dengan niat. Niat bisa dilakukan di dalam hati atau diucapkan secara lisan.

  1. Sholat Dua Rakaat Pertama

Sholat dua rakaat pertama dilakukan seperti sholat sunnah biasa. Setelah salam, dilanjutkan dengan satu rakaat terakhir.

  1. Sholat Satu Rakaat Terakhir

Sholat satu rakaat terakhir dilakukan dengan niat melaksanakan sholat witir. Setelah rakaat terakhir ini, dilanjutkan dengan duduk tasyahud dan salam.

  1. Membaca Doa Qunut

Pada rakaat terakhir sholat witir, disunnahkan untuk membaca doa qunut. Doa qunut dibaca setelah rukuk dan sebelum sujud. Berikut adalah doa qunut yang biasa dibaca dalam sholat witir:

“Allahummahdinii fiiman hadait, wa’aafinii fiiman ‘afait, watawallanii fiiman tawallait, wabaariklii fiimaa a’thait, waqinii syarramaa qadhait, fa innaka taqdhi walaa yuqhdho ‘alaik, innahu laa yadzillu man waalaik, tabaarakta rabbanaa wata’aalaik.”

Kesimpulan

Sholat witir adalah salah satu ibadah sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Sholat ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan merupakan bagian dari ibadah malam yang disukai oleh Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat witir secara rutin, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah, menjaga keimanan dan ketakwaan, serta mendapatkan perlindungan dan pahala yang besar. Ayo, mari kita mulai rutin melaksanakan sholat witir dan merasakan sendiri keutamaannya yang luar biasa!

Dengan demikian, semoga kita semua bisa lebih memahami dan mengamalkan sholat witir dalam kehidupan sehari-hari. Teruslah mencari ilmu dan meningkatkan kualitas ibadah kita, karena setiap amal kebaikan akan membawa kita lebih dekat kepada ridha Allah SWT.

Mari Berwakaf !

wakaaf asrama-50%
wakaaf asrama-50%
wakaf kaca-50%
previous arrow
next arrow

Sahabat-sahabat yang dirahmati Allah, kami mengajak Anda semua untuk berpartisipasi dalam program wakaf pemasangan kaca asrama di Masjid Al-Kahfi. Asrama ini akan menjadi tempat tinggal bagi para tahfidz yang tengah menghafal Al-Quran dan calon-calon CEO masa depan yang berakhlak mulia.

No-rekening wakaf 2024

Silahkan konfirmasi ke nomor berikut ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top