Sholat Hajat

Sholat Hajat: Ayo Laksanakan untuk Memohon Kebaikan!

Sholat Hajat – Sholat Hajat adalah salah satu ibadah istimewa yang dianjurkan bagi umat Muslim untuk memohon hajat atau kebutuhan tertentu kepada Allah SWT. Dalam hidup, setiap manusia pasti memiliki berbagai macam kebutuhan dan keinginan. Ketika segala usaha sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil, sholat ini menjadi salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon pertolongan-Nya. Artikel ini akan mengulas tata cara, keutamaan, dan dalil sholat in berdasarkan Al-Quran dan Hadis.

Apa Itu Sholat Hajat?

Adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk memohon suatu kebutuhan atau hajat kepada Allah SWT. Hajat tersebut bisa berupa kebutuhan duniawi maupun ukhrawi. Sholat ini dilakukan dengan harapan agar Allah mengabulkan permintaan kita. Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan umatnya untuk melakukan sholat ini ketika menghadapi kesulitan atau memiliki keinginan tertentu.

Dalil Sholat Hajat dalam Al-Quran dan Hadis

Terdapat beberapa dalil dalam Al-Quran dan Hadis yang menganjurkan umat Muslim untuk melakukan sholat ini. Salah satunya adalah firman Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 45:

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”

(QS. Al-Baqarah: 45)

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang memiliki hajat kepada Allah atau kepada seseorang dari anak cucu Adam, maka hendaklah ia berwudhu dengan sempurna dan melakukan dua rakaat sholat sunnah, kemudian memuji Allah dan membaca shalawat kepada Nabi SAW.”

(HR. Tirmidzi)

Tata Cara Sholat Hajat

Tata cara sholat hajat cukup sederhana dan bisa dilakukan kapan saja, baik siang maupun malam. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Niat: Sebelum memulai sholat, niatkan dalam hati untuk melaksanakan sholat hajat karena Allah SWT.
  2. Bersuci: Lakukan wudhu dengan sempurna sebagaimana wudhu untuk sholat wajib.
  3. Sholat Dua Rakaat: Sholat ini dilakukan sebanyak dua rakaat. Pada rakaat pertama setelah membaca Surah Al-Fatihah, dianjurkan membaca Surah Al-Ikhlas. Pada rakaat kedua setelah membaca Surah Al-Fatihah, dianjurkan membaca Surah Al-Kafirun.
  4. Doa Setelah Sholat: Setelah selesai sholat, berdoalah kepada Allah dengan penuh kekhusyukan, memohon agar hajat kita dikabulkan.

Keutamaan Sholat Hajat

Sholat ini memiliki banyak keutamaan, antara lain:

  1. Mendekatkan Diri kepada Allah: Dengan melaksanakan sholat ini, kita menunjukkan bahwa kita menggantungkan segala urusan dan kebutuhan hanya kepada Allah SWT.
  2. Memperkuat Iman dan Taqwa: Sholat ini menjadi sarana untuk memperkuat iman dan taqwa kita kepada Allah, karena kita memohon dan bergantung penuh pada-Nya.
  3. Menghilangkan Kesulitan: Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa saja yang memiliki kebutuhan atau kesulitan, sholat ini adalah cara terbaik untuk memohon bantuan Allah.

Waktu yang Tepat untuk Sholat Hajat

Sholat ini bisa dilakukan kapan saja, namun ada beberapa waktu yang lebih utama untuk melaksanakannya. Waktu-waktu tersebut antara lain:

  • Sepertiga Malam Terakhir: Waktu ini adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa dan memohon kepada Allah, karena pada saat ini Allah turun ke langit dunia untuk mengabulkan doa hamba-Nya.
  • Setelah Sholat Wajib: Melakukan sholat hajat setelah sholat wajib juga dianjurkan, karena waktu-waktu tersebut adalah waktu yang baik untuk berdoa.

Doa Setelah Sholat Hajat

Setelah melaksanakan sholat ini, dianjurkan untuk membaca doa dengan penuh kekhusyukan. Salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah:

“La ilaha illallahul halimul karim. Subhanallahi rabbil arsyil azim. Alhamdulillahi rabbil alamin. Asaluka mujibati rahmatik, wa azaima maghfiratik, wal ghaniimata min kulli birrin, wassalamata min kulli itsmin, la tada’li dzamban illa ghafartahu, wala hamman illa farrajtahu, wala haajatan hiya laka ridan illa qadhaitaha yaa arhamarrahimin.”

Kesimpulan

Sholat Hajat adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan bagi umat Muslim untuk memohon pertolongan Allah dalam memenuhi kebutuhan dan mengatasi kesulitan. Dengan mengikuti tata cara yang benar dan memohon dengan penuh kekhusyukan, insya Allah hajat kita akan dikabulkan oleh Allah SWT. Jangan pernah ragu untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui sholat hajat, karena hanya kepada-Nya kita menggantungkan segala urusan dan kebutuhan.

Mari Berwakaf !

wakaaf asrama-50%
wakaaf asrama-50%
wakaf kaca-50%
previous arrow
next arrow

Sahabat-sahabat yang dirahmati Allah, kami mengajak Anda semua untuk berpartisipasi dalam program wakaf pemasangan kaca asrama di Masjid Al-Kahfi. Asrama ini akan menjadi tempat tinggal bagi para tahfidz yang tengah menghafal Al-Quran dan calon-calon CEO masa depan yang berakhlak mulia.

No-rekening wakaf 2024

Silahkan konfirmasi ke nomor berikut ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top