Doa Setelah Sholat Taubat Tahajud Hajat dan Witir

Doa Setelah Sholat Taubat Tahajud Hajat dan Witir

Doa Setelah Sholat Taubat Tahajud Hajat dan Witir – Setiap langkah dalam kehidupan kita membawa kita mendekat atau menjauh dari Sang Pencipta. Sholat menjadi sarana penting bagi kita untuk kembali menguatkan hubungan dengan Allah SWT, terutama melalui sholat-sholat malam seperti Taubat, Tahajud, Hajat, dan Witir. Dalam momen-momen khusyuk ini, doa yang kita panjatkan memiliki kekuatan luar biasa. Lalu, bagaimana cara yang benar untuk berdoa setelah sholat tersebut? Mari kita telusuri bersama!

Doa Setelah Sholat Taubat

Sholat Taubat merupakan cara kita untuk memohon ampunan atas segala dosa dan kesalahan. Ketika kita bersujud dalam sholat Taubat, kita mengakui kelemahan kita sebagai manusia dan memohon rahmat serta pengampunan dari Allah SWT.

Dalil dari Al-Quran:

“Dan barangsiapa yang berbuat kejahatan atau menganiaya dirinya kemudian dia memohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

(QS. An-Nisa: 110)

Hadis Rasulullah SAW:

“Setiap hamba yang berbuat dosa, kemudian ia berwudhu dengan sempurna dan sholat dua rakaat lalu memohon ampun kepada Allah, pasti Allah mengampuni dosanya.” (HR. Abu Dawud)

Doa Setelah Sholat Taubat:

“Rabbighfirli wa tub ‘alayya, innaka Antat-Tawwabur-Rahim” (Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang).

Doa Setelah Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan di sepertiga malam terakhir. Saat itulah, suasana hening dan penuh keheningan sangat mendukung kekhusyukan dalam beribadah. Allah SWT sangat mencintai hamba-Nya yang meluangkan waktu malam untuk beribadah kepada-Nya.

Dalil dari Al-Quran:

“Dan pada sebagian malam hari bershalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

(QS. Al-Isra: 79)

Hadis Rasulullah SAW:

“Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian, cara mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, penghapus dosa, dan pencegah perbuatan dosa.”

(HR. Tirmidzi)

Doa Setelah Sholat Tahajud:

“Allahumma lakal hamdu Anta qayyimus-samawati wal-ard wa man fihinna. Walakal hamdu Anta malikus-samawati wal-ard wa man fihinna. Walakal hamdu Anta nurus-samawati wal-ard wa man fihinna” (Ya Allah, segala puji bagi-Mu, Engkaulah Pemelihara langit dan bumi serta semua yang ada di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkaulah Raja langit dan bumi serta semua yang ada di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkaulah Cahaya langit dan bumi serta semua yang ada di dalamnya).

Doa Setelah Sholat Hajat

Sholat Hajat adalah sholat sunnah yang dilakukan saat kita memiliki hajat atau keinginan yang ingin dikabulkan oleh Allah SWT. Dalam sholat ini, kita memohon dengan sungguh-sungguh agar Allah mengabulkan permohonan kita.

Dalil dari Al-Quran:

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”

(QS. Al-Baqarah: 45)

Hadis Rasulullah SAW:

“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian sholat dua rakaat dengan sempurna, maka Allah akan memberikan apa yang ia minta, baik cepat atau lambat.”

(HR. Ahmad)

Doa Setelah Sholat Hajat:

“Laa ilaaha illallaahul-Haliimul-Kariim. Subhaanallaahi Rabbil-‘Arsyil-‘Azhiim. Alhamdulillaahi Rabbil-‘Aalamiin. As’aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa’ima maghfiratika, wal-ghaniimata min kulli birrin, was-salaamata min kulli ithmin” (Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Maha Pemurah. Maha Suci Allah, Tuhan Pemilik ‘Arsy yang Agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang menjamin ampunan-Mu, keuntungan dari setiap kebajikan, dan keselamatan dari setiap dosa).

Doa Setelah Sholat Witir

Sholat Witir adalah penutup dari rangkaian sholat malam. Sholat ini biasanya dilakukan setelah sholat Tahajud atau di akhir malam sebelum tidur. Witir memiliki keutamaan tersendiri dan merupakan sunnah yang sangat dianjurkan.

Dalil dari Al-Quran:

“Sesungguhnya sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

(QS. An-Nisa: 103)

Hadis Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya Allah itu witir (ganjil) dan menyukai witir, maka sholat witirlah wahai ahli Al-Quran.”

(HR. Tirmidzi)

Doa Setelah Sholat Witir:

“Allahumma inni a’udzu bika min ‘azhaabika yawma tab’atsu ‘ibaadaka” (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari azab-Mu pada hari ketika Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu).

Setiap doa yang dipanjatkan setelah sholat-sholat malam ini adalah bentuk permohonan yang tulus dari hamba kepada Sang Pencipta. Dalam keheningan malam, kita merasakan kedekatan dengan Allah SWT yang begitu nyata. Mari kita jadikan sholat-sholat ini sebagai bagian dari rutinitas kita, agar iman semakin kuat dan kehidupan kita semakin diberkahi.

Mari Berwakaf !

wakaaf asrama-50%
wakaaf asrama-50%
wakaf kaca-50%
previous arrow
next arrow

Sahabat-sahabat yang dirahmati Allah, kami mengajak Anda semua untuk berpartisipasi dalam program wakaf pemasangan kaca asrama di Masjid Al-Kahfi. Asrama ini akan menjadi tempat tinggal bagi para tahfidz yang tengah menghafal Al-Quran dan calon-calon CEO masa depan yang berakhlak mulia.

No-rekening wakaf 2024

Silahkan konfirmasi ke nomor berikut ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top