Urutan Ibadah Haji Rumaysho – Ini adalah hadits lengkap yang menerangkan haji wada’ yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada tahun kesepuluh Hijriyah. Hadits ini berasal dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu yang mengandung banyak pelajaran, mulai dari: (1) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berihram di miqat Dzulhulaifah (Bir ‘Ali atau Abyar ‘Ali), (2) lalu melakukan thawaf, (3) kemudian sai, (4) menjalani hari Tarwiyah, (5) wukuf di Arafah, (6) mabit di Muzdalifah, (7) lempar jumrah ‘Aqobah, (8) menyembelih, (9) lalu melakukan thawaf ifadhah. Sekitar sembilan ibadah dari rangkaian manasik haji diterangkan secara detail dalam hadits Jabir. Pelajaran-pelajaran penting bisa digali di dalamnya. Rumaysho.Com mendapat 67 pelajaran dari hadits ini yang merupakan pelajaran lanjutan dari Bulughul Maram Kitab Haji.
Urutan Ibadah Haji Rumaysho: Bulughul Maram karya Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani
كِتَابُ اَلْحَجِّ
Kitab Haji
بَابُ صِفَةِ اَلْحَجِّ وَدُخُولِ مَكَّةَ
Bab Sifat Haji dan Masuk Makkah
Hadits #742
وَعَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اَللَّهِ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا: { أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ ( حَجَّ, فَخَرَجْنَا مَعَهُ, حَتَّى أَتَيْنَا ذَا الْحُلَيْفَةِ, فَوَلَدَتْ أَسْمَاءُ بِنْتُ عُمَيْسٍ, فَقَالَ: ” اِغْتَسِلِي وَاسْتَثْفِرِي بِثَوْبٍ, وَأَحْرِمِي “وَصَلَّى رَسُولُ اَللَّهِ ( فِي اَلْمَسْجِدِ, ثُمَّ رَكِبَ اَلْقَصْوَاءَ حَتَّى إِذَا اِسْتَوَتْ بِهِ عَلَى اَلْبَيْدَاءِ أَهَلَّ بِالتَّوْحِيدِ: ” لَبَّيْكَ اَللَّهُمَّ لَبَّيْكَ, لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ, إِنَّ اَلْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ, لَا شَرِيكَ لَكَ “.Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menunaikan haji dan kami keluar bersamanya. Ketika kami sampai di Dzulhulaifah, Asma’ binti Umais melahirkan lalu beliau bersabda, “Mandilah dan cegahlah keluarnya darah dengan kain, lalu berihramlah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat di masjid, kemudian naik unta Al-Qashwa’ (julukan unta nabi). Ketika di Baida’, beliau bertalbiyah (dengan meninggikan suara) dengan kalimat tauhid ‘LABBAIK ALLOHUMMA LABBAIK, LABBAIK LAA SYARIKA LAK LABBAIK. INNAL HAMDA WAN NI’MATA LAKA WAL MULK. LAA SYARIKA LAK (artinya: Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu).
حَتَّى إِذَا أَتَيْنَا اَلْبَيْتَ اِسْتَلَمَ اَلرُّكْنَ, فَرَمَلَ ثَلَاثًا وَمَشَى أَرْبَعًا, ثُمَّ أَتَى مَقَامَ إِبْرَاهِيمَ فَصَلَّى, ثُمَّ رَجَعَ إِلَى اَلرُّكْنِ فَاسْتَلَمَهُ.
Ketika sampai di Ka’bah, beliau menyentuh Hajar Aswad (istilaam), lalu melakukan thawaf dengan raml (berjalan cepat dengan mendekatkan langkah) tiga putaran pertama dan berjalan biasa di empat putaran berikutnya. Kemudian beliau mendatangi Maqam Ibrahim, lalu melaksanakan shalat di situ. Setelah itu, beliau kembali ke Hajar Aswad dan menyentuhnya (istilaam).
ثُمَّ خَرَجَ مِنَ اَلْبَابِ إِلَى اَلصَّفَا, فَلَمَّا دَنَا مِنَ اَلصَّفَا قَرَأَ: ” إِنَّ اَلصَّفَا وَاَلْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اَللَّهِ ” ” أَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اَللَّهُ بِهِ ” فَرَقِيَ اَلصَّفَا, حَتَّى رَأَى اَلْبَيْتَ, فَاسْتَقْبَلَ اَلْقِبْلَةَ فَوَحَّدَ اَللَّهَ وَكَبَّرَهُ وَقَالَ: ” لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ, لَهُ اَلْمُلْكُ, وَلَهُ اَلْحَمْدُ, وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ, لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ [ وَحْدَهُ ] أَنْجَزَ وَعْدَهُ, وَنَصَرَ عَبْدَهُ, وَهَزَمَ اَلْأَحْزَابَ وَحْدَهُ “. ثُمَّ دَعَا بَيْنَ ذَلِكَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ, ثُمَّ نَزَلَ إِلَى اَلْمَرْوَةِ, حَتَّى اِنْصَبَّتْ قَدَمَاهُ فِي بَطْنِ اَلْوَادِي [ سَعَى ] حَتَّى إِذَا صَعَدَتَا مَشَى إِلَى اَلْمَرْوَةِ فَفَعَلَ عَلَى اَلْمَرْوَةِ, كَمَا فَعَلَ عَلَى اَلصَّفَا … – فَذَكَرَ اَلْحَدِيثَ. وَفِيهِ:
Lalu beliau keluar menuju pintu Shafa. Ketika sudah mendekat Shafa, beliau membaca: INNASH-SHOFAA WAL MARWATA MIN SYA’AIRILLAH (artinya: Sesunggunya Shafa dan Marwah adalah termasuk syiar agama Allah) (QS. Al-Baqarah: 158), ABDA-U BIMAA BADA-ALLAHU BIH (artinya: aku mulai dengan apa yang dimulai oleh Allah). Lalu beliau menaiki bukti Shafa sehingga dapat melihat Kabah. Kemudian beliau menghadap Kabah, lalu membaca kalimat tauhid dan takbir, dan mengucapkan: LAA ILAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIKA LAH, LAHUL MULKU, WALAHUL HAMDU, WA HUWA ‘ALA KULLI SYAI-IN QODIIR, LAA ILAHA ILLALLAH WAHDAH, ANJAZA WA’DAH, WA NASHORO ‘ABDAH, WA HAZAMAL AHZAABA WAHDAH (artinya: Tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, bagi-Nya segala puji, dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. Tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, yang menepati janji-Nya, menolong hamba-Nya, dan menghancurkan golongan-golongan musuh sendirian). Kemudian beliau berdoa di antara itu sebanyak tiga kali. Kemudian beliau turun menuju Marwah. Ketika beliau sampai di tengah lembah, beliau melakukan sai (berlari kencang) sampai naik dengan berjalan menuju Marwah. Lalu di bukit Marwah, beliau melakukan seperti apa yang dilakukan di bukit Shafa.
فَلَمَّا كَانَ يَوْمَ اَلتَّرْوِيَةِ تَوَجَّهُوا إِلَى مِنَى, وَرَكِبَ رَسُولُ اَللَّهِ ( فَصَلَّى بِهَا اَلظُّهْرَ, وَالْعَصْرَ, وَالْمَغْرِبَ, وَالْعِشَاءَ, وَالْفَجْرَ, ثُمَّ مَكَثَ قَلِيلاً حَتَّى طَلَعَتْ اَلشَّمْسُ، فَأَجَازَ حَتَّى أَتَى عَرَفَةَ,
Kemudian perawi melanjutkan hadits di dalamnya disebutkan, “Tatkala tiba hari Tarwiyah, mereka berangkat menuju Mina dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menaiki kendaraannya. Di Mina, beliau shalat Zhuhur, ‘Ashar, Maghrib, Isyak, dan Shubuh. Kemudian beliau berhenti sejenak hingga matahari terbit, lalu beliau berangkat menuju Arafah.
فَوَجَدَ اَلْقُبَّةَ قَدْ ضُرِبَتْ لَهُ بِنَمِرَةَ فَنَزَلَ بِهَا.حَتَّى إِذَا زَاغَتْ اَلشَّمْسُ أَمَرَ بِالْقَصْوَاءِ, فَرُحِلَتْ لَهُ, فَأَتَى بَطْنَ اَلْوَادِي, فَخَطَبَ اَلنَّاسَ.ثُمَّ أَذَّنَ ثُمَّ أَقَامَ, فَصَلَّى اَلظُّهْرَ, ثُمَّ أَقَامَ فَصَلَّى اَلْعَصْرَ, وَلَمْ يُصَلِّ بَيْنَهُمَا شَيْئًا.ثُمَّ رَكِبَ حَتَّى أَتَى اَلْمَوْقِفَ فَجَعَلَ بَطْنَ نَاقَتِهِ اَلْقَصْوَاءِ إِلَى الصَّخَرَاتِ, وَجَعَلَ حَبْلَ اَلْمُشَاةِ بَيْنَ يَدَيْهِ وَاسْتَقْبَلَ اَلْقِبْلَةَ, فَلَمْ يَزَلْ وَاقِفاً حَتَّى غَرَبَتِ اَلشَّمْسُ, وَذَهَبَتْ اَلصُّفْرَةُ قَلِيلاً, حَتَّى غَابَ اَلْقُرْصُ, وَدَفَعَ, وَقَدْ شَنَقَ لِلْقَصْوَاءِ اَلزِّمَامَ حَتَّى إِنَّ رَأْسَهَا لَيُصِيبُ مَوْرِكَ رَحْلِهِ, وَيَقُولُ بِيَدِهِ اَلْيُمْنَى: ” أَيُّهَا اَلنَّاسُ, اَلسَّكِينَةَ, اَلسَّكِينَةَ “, كُلَّمَا أَتَى حَبْلاً أَرْخَى لَهَا قَلِيلاً حَتَّى تَصْعَدَ.
Lalu beliau telah mendapatkan kemahnya telah dipasang di Namirah. Beliau singgah di tempat tersebut. Ketika matahari tergelincir, beliau menyuruh agar disiapkan unta Qashwa’-nya dan disiapkanlah unta tersebut untuknya. Beliau ke tengah lembah dan berkhutbah di tengah-tengah manusia. Setelah azan dan iqamah, beliau shalat Zhuhur. Kemudian iqamah, lalu mengerjakan shalat ‘Ashar, dan beliau tidak melakukan shalat apa pun di antara keduanya. Lalu beliau menaiki kendaraan menuju tempat wukuf. Beliau merapatkan perut untanya ke batu-batu besar. Beliau berhenti di jalan besar dan menghadap kiblat. Beliau terus wukuf hingga matahari terbenam, awan kuning mulai menghilang, dan bola matahari telah benar-benar lenyap, lalu beliau bertolak. Beliau mengencangkan kendali untanya hingga kepala unta itu menyentuh tempat duduk kendaraan. Beliau memberi isyarat dengan tangan kanannya sambil bersabda, “Wahai sekalian manusia, tenanglah, tenanglah.” Beliau mengendorkan tali untannya sedikit demi sedikit sehingga unta itu dapat berjalan mendaki.
حَتَّى أَتَى اَلْمُزْدَلِفَةَ, فَصَلَّى بِهَا اَلْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ, بِأَذَانٍ وَاحِدٍ وَإِقَامَتَيْنِ, وَلَمْ يُسَبِّحْ بَيْنَهُمَا شَيْئًا, ثُمَّ اِضْطَجَعَ حَتَّى طَلَعَ اَلْفَجْرُ, فَصَلَّى اَلْفَجْرَ, حِينَ تَبَيَّنَ لَهُ اَلصُّبْحُ بِأَذَانٍ وَإِقَامَةٍ ثُمَّ رَكِبَ حَتَّى أَتَى اَلْمَشْعَرَ اَلْحَرَامَ, فَاسْتَقْبَلَ اَلْقِبْلَةَ, فَدَعَاهُ, وَكَبَّرَهُ, وَهَلَّلَهُ فَلَمْ يَزَلْ وَاقِفًا حَتَّى أَسْفَرَ جِدًّا.فَدَفَعَ قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ اَلشَّمْسُ, حَتَّى أَتَى بَطْنَ مُحَسِّرَ فَحَرَّكَ قَلِيلاً،ثُمَّ سَلَكَ اَلطَّرِيقَ اَلْوُسْطَى اَلَّتِي تَخْرُجُ عَلَى اَلْجَمْرَةِ اَلْكُبْرَى, حَتَّى أَتَى اَلْجَمْرَةَ اَلَّتِي عِنْدَاَلشَّجَرَةِ, فَرَمَاهَا بِسَبْعِ حَصَيَاتٍ, يُكَبِّرُ مَعَ كُلِّ حَصَاةٍ مِنْهَا, مِثْلَ حَصَى اَلْخَذْفِ, رَمَىمِنْ بَطْنِ اَلْوَادِي،
Setibanya di Muzdalifah, beliau shalat Maghrib dan Isyak dengan sekali azan dan dua kali iqamah. Beliau tidak membaca tasbih apa pun antara keduanya. Kemudian beliau berbaring hingga fajar terbit. Beliau shalat Shubuh tatkala waktu Shubuh sudah tampak jelas dengan azan dan iqamah. Kemudian berangkat dengan kendaraannya, dan ketika sampai di Masy’aril Haram, beliau menghadap kiblat, lalu membaca doa, takbir, dan tahlil. Beliau tetap berada di sana hingga terang benderang, lalu beliau menahan sampai sebelum matahari terbit. Ketika tiba di lembah Muhassir, beliau mempercepat kendaraannya sedikit dan memilih jalan tengah yang keluar menuju ke tempat Jumrah Kubra. Setibanya di Jumrah dekat pohon, beliau melempar tujuh kali lemparan batu-batu kecil, setiap biji batu sebesar kelingking. Beliau melempar dari tengah-tengah lembah itu.
ثُمَّ اِنْصَرَفَ إِلَى اَلْمَنْحَرِ, فَنَحَرَ، ثُمَّ رَكِبَ رَسُولُ اَللَّهِ ( فَأَفَاضَ إِلَى اَلْبَيْتِ, فَصَلَّى بِمَكَّةَاَلظُّهْرَ } رَوَاهُ مُسْلِمٌ مُطَوَّلاً
Kemudian beliau menuju tempat penyembelihan dan menyembelih (nahr) di tempat tersebut. Lalu menaiki kendaraan menuju Baitullah untuk melakukan thawaf ifadhah dan shalat Zhuhur di Makkah.
(HR. Muslim, dengan hadits yang panjang). [HR. Muslim, no. 1218]
Faedah hadits
Wanita yang mengalami haidh, nifas, dan istihadhah tetap disunnahkan mandi saat ihram.
Ihram dari wanita yang mengalami nifas (darah yang keluar bakda melahirkan) tetap dihukumi sah. Hal ini disepakati oleh para ulama.
Dalam madzhab Syafii, shalat sunnah dua rakaat ketika ihram dianjurkan berdasarkan hadits Jabir di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat di masjid Dzulhulaifah (Abyar ‘Ali). Sedangkan dalam pendapat ulama lainnya (seperti dari Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah), tidak ada shalat sunnah ihram secara khusus.
Haji boleh sambil naik kendaraan, boleh juga sambil berjalan. Jumhur ulama berpendapat bahwa naik kendaraan itu lebih afdal.
Referensi:
- Minhah Al-‘Allam fi Syarh Bulugh Al-Maram. Cetakan pertama, Tahun 1432 H. Syaikh ‘Abdullah bin Shalih Al-Fauzan. Penerbit Dar Ibnul Jauzi. Jilid Ketiga. 5:250-274.
- Fiqh Bulugh Al-Maram li Bayaan Al-Ahkaam Asy-Syar’iyyah. Cetakan pertama, Tahun 1443 H. Syaikh Prof. Dr. Muhammad Musthafa Az-Zuhaily. Penerbit Maktabah Daar Al-Bayan. 2:626-639.
Baca Juga:
- Ibadah Haji Rumasyo: 10 Pelajaran di Balik Ibadah Haji
- Ibadah Haji Rosululloh: Sejarah dan Dalil-dalil Syariat
Sumber:
Kurban Idul Adha 1445 H
“Kami bantu, terima dan salurkan, InsyaAllah Sesuai Syariah & Tepat Sasaran !”
Bergabunglah dalam program kurban di Masjid Al-Kahfi! Hanya dengan harga paket 3,5 juta, kita bisa berbagi kebahagiaan dengan sesama dan mendapatkan berkah yang melimpah. Ayo, jangan lewatkan kesempatan ini untuk berbagi kebaikan.